Lima Bangsa Menurut Legenda Tiongkok

Orang Tiongkok membagi manusia atas lima kelompok, di mana mereka di tengah-tengah disebut Hua Xia dan empat di utara (Di), timur (Yi), selatan (Man) dan barat (Rong). Hua Xia dan Hua Yi Masyarakat lama Tiongkok dibedakan atas 5, yakni Hua Xia di tengah, Baidi di utara, xirong di barat, dongyi di timur dan nanman di selatan.

Hua Xia

Hua Xia berasal dari kata hua yang berarti keindahan dan xia yang berarti keagungan. Hua Xia mengacu pada konfederasi suku di sepanjang Sungai Kuning pada masa Negara-Negara Berperang (475 - 221 SM) yang menjadi leluhur bangsa Han. Masyarakat di luar disebut Hua Yi, yang tidak beradab.

Yi Timur

Suku-suku Timur Yi, rambut mereka tidak terikat dan mereka mentato tubuh mereka. Beberapa dari mereka memakan makanan yang tidak dimasak. Edwin G. Pulleyblank (1983, 1999) juga mengusulkan bahwa Yi adalah penutur Austroasiatik. Laurent Sagart (2008) malah menyarankan bahwa bahasa Yi adalah leluhur dari bahasa Austronesia dan membentuk kelompok saudara ke Sino-Tibet . Selama periode Musim Semi dan Musim Gugur , Jin , Zheng , Qi dan Song mencoba menguasai cekungan Sungai Huai, yang diduduki Huaiyi. Namun, wilayah itu akhirnya jatuh di bawah pengaruh Chu di selatan. Bersamaan dengan itu, orang-orang di timur dan selatan tidak lagi disebut Dongyi karena mereka mendirikan negara bagian mereka sendiri. Negara bagian Yifang ini termasuk negara bagian Xu , Lai , Zhongli, Ju dan Jiang. Negara bagian kecil Jie berbasis di sekitar Jiaozhou saat ini . [31] Negara bagian Xu menempati wilayah yang luas di Jiangsu moderndan provinsi Anhui antara Sungai Huai dan Yangtze. Akhirnya, setelah berperang dengan Chu dan Wu, itu ditaklukkan oleh Negara Wu pada 512 SM. Chu menganeksasi Negara Jiang, menghancurkan Negara Ju, yang wilayahnya dianeksasi oleh Negara Qi. Penggalian arkeologi baru-baru ini mengungkapkan bahwa keberadaan Negara Bagian Xu meluas ke Jiangxi barat di Kabupaten Jing'an modern. Ini termasuk prasasti bronzeware tentang Negara Bagian Xu dan sebuah makam dengan banyak peti mati nanmu berisi korban perempuan korban. Adat istiadat Dongyi mencakup penguburan dengan banyak korban pengorbanan dan penghormatan terhadap matahari. The Book of Sui , yang Kitab Tang dan Buku Baru dari Tang mengadopsi bagian dari "Dongyi" dan mencakup bagian timur Manchuria, Korea, Jepang, dan, opsional, Sakhalin dan Taiwan. Selama Dinasti Song, buku sejarah resmi menggantikan Dongyi dengan Waiguo (外國) dan Waiyi (外夷).

Man Selatan

Man di selatan mentato dahi mereka dan kaki mereka menghadap satu sama lain. Beberapa dari mereka juga memakan makanan yang tidak dimasak. The Nanman "Southern Man" mentato dahi mereka dan merupakan totem yang menyembah orang. Di antara totem mereka adalah yang didedikasikan untuk dewa harimau, ular, dan anjing The Man , umumnya dikenal sebagai Nanman atau Southern Man ( China :南蠻), atau Southern Barbarians , adalah masyarakat adat kuno yang tinggal di pedalaman Cina Selatan dan Barat Daya , terutama di sekitar lembah Sungai Yangtze . Dalam sumber-sumber Tiongkok kuno, istilah Nanman digunakan untuk menggambarkan berbagai kelompok etnis, mungkin pendahulu dari suku Miao , Zhuang , dan Dai modern , dan kelompok Sino-Tibet non-Tionghoa seperti Jingpo dan Yiorang. Tidak pernah ada satu pun pemerintahan yang menyatukan orang-orang ini, meskipun negara bagian Chu menguasai sebagian besar wilayah Yangtze selama Dinasti Zhou dan dipengaruhi oleh budaya Man. Eksonim Cina awal Man (蠻) adalah sebuah grafis merendahkan yang ditulis dengan Radical 142虫, yang berarti "serangga" atau "reptil". Kamus Shuowen Jiezi Xu Shen (tahun 121 M) mendefinisikan Manusia sebagai "Manusia Selatan adalah ras ular. [Karakter terbentuk] dari [the] serangga / ular [radikal dan pengucapannya dari] luàn南蠻 蛇 種从 虫 䜌 聲. " William H. Baxter dan Laurent Sagart (2014) [2] merekonstruksi nama Cina Kuno Mán sebagai蠻* mˤro [n]. Baxter & Sagart (2014) memberikan rekonstruksi Cina Kuno yang serupa untuk Min 閩* mrə [n] 'suku selatan', yang juga merupakan nama untuk provinsi Fujian . Saat ini, nama etnonim yang terdengar serupa di antara orang-orang zaman modern termasuk Mraṅmā , Hmong , Mien , Bru , Mro , Mru , dan Maang . Etnonim Hmong direkonstruksi menjadi * hmʉŋA dalam Proto-Hmongic oleh Ratliff (2010), sementara Mien direkonstruksi sebagai * mjæn A dalam Proto-Mienic ( lihat bahasa Proto-Hmong – Mien ). Selama periode Musim Semi dan Musim Gugur , Raja Wu dari Chu (memerintah 741-690 SM) melakukan banyak kampanye melawan Man, yang memberontak pada masa pemerintahan Raja Zhuang dari Chu (memerintah 613–591 SM). Selama pemerintahan Raja Dao dari Chu , jenderal Wu Qi juga melakukan kampanye melawan Man. Ketika negara bagian Qin menaklukkan Chu , mereka menemukan bahwa komando Qianzhong , yang berhubungan dengan Hubei , Hunan dan Guizhou modern , masih dihuni oleh orang-orang Man Di bawah Dinasti Han , Man diakui sebagai tiga kelompok berbeda: Pangu, Linjun, dan Bandun. Pangu menyembah totem anjing dan tinggal di komandan Wuling dan Changsha. Mereka juga dikenal sebagai Man Lima Anak Sungai. Pangu tidak memiliki pemimpin yang bersatu tetapi masing-masing kepala suku diakui sebagai administrator lokal oleh Han. Mereka mengenakan pakaian yang dianyam dari kulit pohon, menggunakan pola putus-putus untuk jubah mereka, mengenakan rok pendek, dan mengecat kaki mereka dengan warna merah. Linjun tinggal lebih jauh ke barat di komandan Ba ​​dan Nan, di sekitar Chongqing modern. Linjun sebenarnya adalah nama seorang kepala suku, yang menurut mitologi Linjun berubah menjadi harimau putih setelah kematiannya. Karena itu, Linjun menyembah harimau. Man Bandun (secara harfiah berarti orang barbar "papan perisai") tinggal lebih jauh ke barat Linjun dan dikenal karena musik dan perilaku heroik mereka dalam perang. Mereka mendukung Liu Bang setelah jatuhnya Dinasti Qin dan menyumbangkan pasukan untuk kampanye Han melawan orang- orang Qiang . Menurut legenda, mereka membunuh seekor harimau putih pada masa pemerintahan Raja Zhaoxiang dari Qin (memerintah 306–251 SM) dan karena itu terhindar dari pajak

Rong Barat

Rambut mereka tidak diikat, dan memakai kulit. Beberapa dari mereka tidak makan makanan biji-bijian. Di dan Rong suka berperang.Selama empat belas generasi, nenek moyang Zhou tinggal di tanah dekat Rong dan Di. Gugong Danfu kemudian membawanya ke lembah Wei tengah di mana mereka membangun ibukota di dekat gunung Qi. Sejarawan Li Feng mengatakan bahwa selama periode Zhou Barat , karena istilah Rong "orang asing yang suka berperang" sering "digunakan dalam prasasti perunggu yang berarti 'peperangan', kemungkinan besar ketika seseorang dipanggil 'Rong', Zhou menganggap mereka sebagai musuh politik dan militer daripada sebagai budaya dan etnis 'orang lain'. " Setelah Dinasti Zhou , istilah tersebut biasanya merujuk pada berbagai bangsa di barat selama awal dan akhir abad pertengahan. Prusek menunjukkan hubungan antara Rong Zhou dan suku Rén (人) yang dikenal di Shang . Xirong juga merupakan nama negara selama periode Musim Semi dan Musim Gugur dan Negara Berperang dalam sejarah Tiongkok. Xirong bersama dengan Dongyi timur , Beidi utara , dan Nanman selatan secara kolektif disebut Sìyí (四夷; 'Empat Orang Barbar'). The Liji "Record of Rites" Rincian stereotip kuno tentang mereka. Wadah tembikar berkaki tiga kaki sekop serta satu dan dua kendi bergagang merupakan ciri budaya utama Xirong. [ butuh rujukan ] William H. Baxter dan Laurent Sagart (2014) merekonstruksi Cina Old nama Rong sebagai戎, OC : * Nun , mod. róng . Saat ini, nama etnonim yang terdengar serupa di antara orang-orang Tibeto-Burman zaman modern di Tiongkok barat termasuk Rgyalrong dari Sichuan , dan Nung dan Trung dari Yunnan barat laut ( lihat juga bahasa Rung ). Diyakini bahwa Quanrong selama periode Negara-negara Berperang Zhou Barat (1122–476 SM) berbicara dalam bahasa Sino-Tibet cabang Tibet -Burman , dan bersatu dengan klan Jiang untuk memberontak melawan Zhou. Komentar abad ke-7 tentang Hanshu oleh Yan Shigu mengatakan: "Di antara berbagai suku Rong di Wilayah Barat, bentuk Wusun adalah yang paling aneh; dan orang barbar saat ini yang memiliki mata hijau dan rambut merah, dan seperti monyet , berasal dari ras yang sama dengan Wusun. "

Di Utara

Mereka mengenakan kulit binatang dan burung, dan tinggal di gua. Beberapa dari mereka juga tidak makan makanan biji-bijian. Di dibedakan dengan Di Merah (Chidi), Di putih (Baidi) dan Di panjang (Chang Di).

Comments