Kereta Api Sumatera
Sumatera memiliki jalur darat 3 (tiga) kali lipat lebih panjang dari pada Pulau Jawa. Panjangnya jalur tersebut menyebabkan biaya penyewaan angkutan menjadi mahal, sehingga pengangkutan barang yang tidak efektif bila menyewa kendaraan sendiri memilih alternatif lain, yakni bus trans sumatera. Tentu ada resiko yang harus dibayar, seumpama kecelakaan bus PMToh yang terjadi di Kuantan Singingi, Riau baru-baru ini.
Pembangunan jalur kereta trans sumatera selalu menjadi gagasan bersama para Gubernur Sumatera.Pada masa Menteri Perhubungan dijabat Freddy Numberi, Rencana Pembangunan Jalur Kereta Tran Sumatera telah masuk dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional. Namun demikian, rencana tersebut tidak terlihat progresnya.
Pembangunan jalur kereta trans Sumatera dimulai dengan pengaktifan kembali jalur-jalur kereta api yang telah ada, di antaranya jalur Aceh Rantau Prapat.Jalur ini meliputi Banda Aceh - Seulimeun - Sigli - Bireun - Lhokseumawe - Lhok Sukon - Langsa - Pangkalan Brandan - Stabat- Binjai - Medan - Tebing Tinggi - Kuala Tanjung - Kisaran - Merbau - Rantau Prapat.
Jalur Lampung Palembang meliputi Bandar Lampung - Metro - Kotabumi - Blambangan Umpu - Martapura - Baturaja - Prabumulih - Indralaya - Palembang. Jalur ini diperluas dari Bandarlampung - Kalianda - Bakauheni dan Palembang - Tanjung Api-Api.
Sumatera Barat memiliki jalur kereta api yang dapat diaktivasi kembali. Jalur tersebut meliputi Padang - Padang Panjang - Bukit Tinggi - Payakumbuh dan Sawah Lunto - Solok - Padang Panjang.
Untuk menghubungkan Sumatera, dibangun jalur baru menghubungkan Sumatera Utara dengan Sumatera Selatan, yang meliputi Rantau Prapat - Kotapinang - Duri - Minas - Pekanbaru - Pangkalan Lesung - Air Molek - Pangkalan Kasai - Merlung - Jambi - Sebapo - Banyulincir - Sekayu - Pangkalan Balai - Palembang.
Menghubungkan jalur Sumatera Barat dan Jambi dihubungkan oleh jalur Sawah Lunto - Muaro - Sungai Dareh - Kotabaru - Muara Tebo - Bangko - Sarolangun - Mandiangin - Muara Tembesi - Muara Bulian - Jambi - Sengeti - Muara Sabak.
Menghubungkan jalur Sumatera Barat dan Riau dihubungkan oleh jalur Muaro - Kuantan - Lipatkain - Pekanbaru.
Menghubungkan Sumatera Selatan dan Bengkulu oleh jalur Prabumulih - Muara Enim - Lhat - Tebing Tinggi - Lubuk Linggau - Curup - Kepahiang - Bengkulu.
Menghubungkan Sumbar dan Bengkulu melalui Padang - Painan - Airhaji - Tapan - Muko muko - Lais - Bengkulu - Tais - Manna - Bintuhan.
Sibolga dan Sumatera Timur dihubungkan oleh jalur Sibolga - Padang Sidempuan - Rantauprapat.
Sumbar dan Sumatera Utara dihubungkan oleh jalur Bukit Tinggi - Lubuk Sikaping - Kota Nopan - Panyabungan - Padang Sidempuan.
Tapanuli dihubungkan oleh jalur Sibolga - Tarutung - Balige - Prapat - Pematang Siantar - Tebing Tinggi.
Jalur barat Aceh dihubungkan oleh jalur Banda Aceh - Lamno - Calang - Meulaboh - Sukamakmur - Blang Pidie - Tapaktuan - Subulussalam - Salak - Sumbul - Kabanjahe - Brastagi - Medan.
Gagasan Kereta Trans Sumatera
Pembangunan jalur kereta trans sumatera selalu menjadi gagasan bersama para Gubernur Sumatera.Pada masa Menteri Perhubungan dijabat Freddy Numberi, Rencana Pembangunan Jalur Kereta Tran Sumatera telah masuk dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional. Namun demikian, rencana tersebut tidak terlihat progresnya.
Aceh Sumut
Pembangunan jalur kereta trans Sumatera dimulai dengan pengaktifan kembali jalur-jalur kereta api yang telah ada, di antaranya jalur Aceh Rantau Prapat.Jalur ini meliputi Banda Aceh - Seulimeun - Sigli - Bireun - Lhokseumawe - Lhok Sukon - Langsa - Pangkalan Brandan - Stabat- Binjai - Medan - Tebing Tinggi - Kuala Tanjung - Kisaran - Merbau - Rantau Prapat.
Lampung Sumsel
Jalur Lampung Palembang meliputi Bandar Lampung - Metro - Kotabumi - Blambangan Umpu - Martapura - Baturaja - Prabumulih - Indralaya - Palembang. Jalur ini diperluas dari Bandarlampung - Kalianda - Bakauheni dan Palembang - Tanjung Api-Api.
Sumatera Barat
Sumatera Barat memiliki jalur kereta api yang dapat diaktivasi kembali. Jalur tersebut meliputi Padang - Padang Panjang - Bukit Tinggi - Payakumbuh dan Sawah Lunto - Solok - Padang Panjang.
Riau - Jambi
Untuk menghubungkan Sumatera, dibangun jalur baru menghubungkan Sumatera Utara dengan Sumatera Selatan, yang meliputi Rantau Prapat - Kotapinang - Duri - Minas - Pekanbaru - Pangkalan Lesung - Air Molek - Pangkalan Kasai - Merlung - Jambi - Sebapo - Banyulincir - Sekayu - Pangkalan Balai - Palembang.
Sumbar Jambi
Menghubungkan jalur Sumatera Barat dan Jambi dihubungkan oleh jalur Sawah Lunto - Muaro - Sungai Dareh - Kotabaru - Muara Tebo - Bangko - Sarolangun - Mandiangin - Muara Tembesi - Muara Bulian - Jambi - Sengeti - Muara Sabak.
Sumbar Riau
Menghubungkan jalur Sumatera Barat dan Riau dihubungkan oleh jalur Muaro - Kuantan - Lipatkain - Pekanbaru.
Sumsel Bengkulu
Menghubungkan Sumatera Selatan dan Bengkulu oleh jalur Prabumulih - Muara Enim - Lhat - Tebing Tinggi - Lubuk Linggau - Curup - Kepahiang - Bengkulu.
Sumbar Bengkulu
Menghubungkan Sumbar dan Bengkulu melalui Padang - Painan - Airhaji - Tapan - Muko muko - Lais - Bengkulu - Tais - Manna - Bintuhan.
Sibolga Sumatera Timur
Sibolga dan Sumatera Timur dihubungkan oleh jalur Sibolga - Padang Sidempuan - Rantauprapat.
Sumbar Sumatera Utara
Sumbar dan Sumatera Utara dihubungkan oleh jalur Bukit Tinggi - Lubuk Sikaping - Kota Nopan - Panyabungan - Padang Sidempuan.
Tapanuli
Tapanuli dihubungkan oleh jalur Sibolga - Tarutung - Balige - Prapat - Pematang Siantar - Tebing Tinggi.
Aceh Barat Pakpak Karo
Jalur barat Aceh dihubungkan oleh jalur Banda Aceh - Lamno - Calang - Meulaboh - Sukamakmur - Blang Pidie - Tapaktuan - Subulussalam - Salak - Sumbul - Kabanjahe - Brastagi - Medan.
Comments